Lean Canvas

Lean Canvas adalah metode rencana bisnis satu halaman yang dibuat oleh Ash Maurya, yang diadaptasi dari Business Model Canvas oleh Alexander Osterwalder. Lean canvas dibuat khusus bagi para wirausahawan untuk memudahkan mereka mendapatkan ide yang jelas dan sederhana tentang apa yang mereka lakukan.

Komponen pada Lean Canvas :

  • Problem

Komponen problem dalam Lean Canvas dibuat untuk mencantumkan satu hingga tiga masalah prioritas tinggi yang perlu diselesaikan.

  • Customer Segments

Komponen customer segments berbicara mengenai segmen seperti apa yang akan dituju.

  • Unique Value Proposition

Komponen unique value propositon terletak di tengah kanvas karena merupakan bentuk titik temu apa yang akan ditawarkan dan apa yang diminta customer.

  • Solution

Berdasarkan rincian masalah yang sudah teridentifikasi, solusi kemudian lebih ditemui.

  • Channel

Saluran adalah cara Anda menjangkau customer segments.

  • Revenue Streams

Revenue streams adalah sumber pendapatan perusahaan atau organisasi.

  • Cost Structure

Cost structure adalah rincian biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menjalankan bisnisnya dan menghasilkan value proposition.

  • Key Metrics

Key metrics adalah cara untuk mengukur keberhasilan suatu produk.

  • Unfair Advantage

Komponen ini berbicara seputar keunggulan yang tidak dimiliki kompetitor.

Berikut adalah Lean Canvas dari Bengkol (Bengkel Online) yang saya dan kelompok buat :